Konsep Balanced Scorecard
Konsep
Balanced
Scorecard berkembang sejalan dengan perkembangan implementasinya. Balanced
Scorecard terdiri dari dua kata: (1) kartu skor (scorecard)
dan (2) berimbang (balanced). Kartu score
adalah kartu yang digunakan untuk mencatat skor hasil kinerja seseorang. Kartu
skor ini dapat juga digunakan untuk merencanakan skor yang hendak dicapai atau
yang diwujudkan personel di masa depan. Kata berimbang dimaksudkan untuk menunjukkan
bahwa kinerja personel diukur secara berimbang dari dua aspek: keuangan dan
nonkeuangan, jangka pendek dan jangka panjang, intern dan ekstern. Pada awalnya
tahun 1992, Robert Kaplan dan David Norton mempublikasikan dalam Harvard
Business Review metode pengukuran mereka: ‘The Balanced Scorecard – Measures That
Drive Performance’. BSC adalah alat yang menyediakan pada para
manajer pengukuran komprehensif bagaimana organisasi mencapai kemajuan lewat
sasaran-sasaran strategisnya.
2.
manfaat balanced scorecard dalam organisasi
• Menjelaskan visi organisasi.
• Menyelaraskan organisasi untuk mencapai visi organisasi.
• Mengintegrasikan perencanaan strategis dan alokasi sumber
daya.
• Meningkatkan efektivitas manajemen dengan menyediakan
informasi yang tepat untuk mengarahkan perubahan.
0 komentar:
Posting Komentar