Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Pengertian / Arti Aqidah


2.1.1.      Aqidah
Aqidah adalah bentuk jamak dari kata Aqaid yang merupakan beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan menjadi keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan. Aqidah juga merupakan sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara mudah oleh manusia berdasarkan akal, hati dan fitrah sebagai manusia. Kebenaran itu dipaku  di dalam hati. Hal ini menyebabkan ditolaknya segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.
Aqidah dalam Al-Qur’an dijabarkan dalam surat (Al-Maidah, 5:15-16) yang artinya,
“Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan dengan kitab itu pula Allah mengeluar-kan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus”.

“Dan agar orang-orang yg telah diberi ilmu meyakini bahwasannya Al-Qur’an itulah yg hak dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-nya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yg beriman kepada jalan yang lurus.” (Al-Haj 22:54)
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar