Membangun bisnis merupakan langkah penting yang harus
dilakukan agar bisnis kita dikenal dan diingat orang. Dan boleh jadi
image ini menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan atau bisnis
kita.
Bagaimana image itu dibangun, tentu tidak terlepas dari siapa
target market perusahaan. Cermati bagaimana gaya hidup konsumen
kita, kebiasaan-kebiasaan mereka, bagaimana kompetitor berperilaku,
juga bagaimana dinamika penentuan harga yang ada di pasar. Hal-hal
inilah yang menjadi pertimbangan dalam membangun image. Image
memang bersifat kasat mata, sehingga pengusaha harus berupaya
menjadikannya sesuatu yang dapat dirasakan oleh konsumen. Yang
28
paling mudah adalah dengan mewakilkan image pada nama, slogan,
motto atau logo bisnis. Misalnya Nike memiliki slogan “Just Do It”.
Beberapa tips yang digunakan dalam membuat nama, slogan, atau
logo, yaitu :
a) Selalu ingatlah bahwa image adalah setara dengan defenisi dari
perusahaan yang kita dirikan.
b) Buatlah menjadi kalimat tunggal dan jelas. Misalnya : Indomie,
‘seleraku’.
c) Jadikan desain stasionary kita terpadu, menarik. Misalnya pada kartu
nama, kop surat dan amplop surat. (Winardi)
Category:
Pengantar Bisnis
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar