Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Makalah Sistem Operasi



KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Syukur alhamdulilah kami persembahkan kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Pengantar Teknologi Informasi ini dengan judul “SISTEM OPERASI”. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya makalah ini. Terutama kami ucapkan kepada :
1.      Dr. Ir. Syaad Pathmantara, M.Pd., selaku dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi S1 Pend. Teknik Informatika offering A-B 2007
2.      Kedua orang tua kami, atas segala dukungan yang telah diberikan.
3.      Rekan-rekan mahasiswa-mahasiswi teknik elektro Unversitas Negeri Malang, atas segala dukungannya.
Makalah ini kami susun sebagai tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Tak ada gading yang tak retak, demikian pepatah mengatakan. Demikian juga kiranya makalah ini, tentu masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca demi sempurnanya makalah kami yang akan datang.
Akhirnya, mudah-mudahan karya tulis ini bermanfaat bagi mahasiswa khususnya, dan bagi seluruh komponen bangsa Indonesia umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Malang, Juni 2008

Penulis
 
 
DAFTAR ISI
Halaman Judul ....................................................................................................................   1
Kata Pengantar ....................................................................................................................  2
Daftar Isi .............................................................................................................................   3
BAB I             PENDAHULUAN ......................................................................................  5
BAB II                        PEMBAHASAN .........................................................................................  8
I.       SISTEM OPERASI …………………………………………………..   8
a.       Fungsi Dasar ……………………………………………………..    8
b.      Tujuan Mempelajari System Operasi …………………………….    8
c.       Sejarah System Operasi ………………………………………….    8
d.      Layanan System Operasi …………………………………………   9
II.    LAYANAN DAN ANTAR MUKA …………………………………  10
a.       Jenis Layanan ……………………………………………………     10
b.      Antarmuka ……………………………………………………….    17
c.       System Calls ……………………………………………………..    19
d.      Jenis System Calls ……………………………………………….     21
e.       API (Application Programming Interface) ………………...........    23
III.   GNU (General Public License)/LINUX ............................................     24
a.       Kernel ………………………………………………………………….  27
b.      Distro …………………………………………………………………..  30
c.       Lisensi ………………………………………………………………….  33
d.      Prinsip Rancangan Linux ……………………………………………….            33
e.       Modul Kernel Linux …………………………………………………….            37
BAB III            PENUTUP ……………………………………………………………………….            40
                        Kesimpulan ………………………………………………………………………           40
DAFTAR RUJUKAN ……………………………………………………………………………..           41
BAB I
PENDAHULUAN

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.
Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.
      Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
      Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.
      Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
            Dalam makalah ini, juga akan dibahas tentang fungsi dasar dari system operasi, tujuan mempelajari system operasi, sejarah dari system operasi, layanan yang terdapat dalam system operasi. Dan juga kita akan membahas tentang layanan dan antarmuka, serta akan membahas tentang Linux.

0 komentar:

Poskan Komentar

Info Menarik !!! Klik Disini !!!

Fish

CHATBOX


ShoutMix chat widget