Sebuah rencana bisnis bisa datang secara tiba-tiba (ide) baik
melalui pengamatan maupun pengalaman, bisa juga melalui perencanaan
yang matang. Ide-ide sering sekali muncul dalam bentuk untuk
menghasilkan suatu barang dan jasa baru. Ide itu sendiri bukan peluang
dan tidak akan muncul bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan
pengamatan secara terus-menerus. Banyak ide yang betul-betul asli,
tetapi sebagian besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara
pandang baru terhadap ide yang lama. Menurut Suryana (2003) Sumber
peluang potensial bisnis dapat digali dengan cara :
a. Menciptakan produk baru yang berbeda.
Tahapan-tahapan penting dalam pengembangan produk baru
yaitu : pemunculan ide, Pemilihan ide, Pengembangan konsep dan
pengujian, Strategi pemasaran, Analisa bisnis, Pengembangan produk,
Pengujian pasar, Komersialisasi
b. Mengamati pintu peluang.
beberapa keadaan yang dapat menciptakan peluang, yaitu :
Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang
relatif singkat.
Kerugian teknik harus rendah
Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi
produknya .
Pesaing tidak memiliki teknologi canggih.
4
Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam memperhatikan
posisi pasarnya.
Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumber-sumber untuk
menghasilkan produk barunya.
c. Menganalisis produk dan proses secara mendalam.
Analisis ini penting untuk menciptakan peluang yang baik dalam
menjalankan usahanya secara efektif dan efisien antara lain :
Menganalisa produk dan jasa yang telah ada dan yang akan ada
Menganalisa daerah pasar yang dapat dilayani secara menguntungkan
Mengakses kebutuhan dan keinginan konsumen yang sekarang
maupun yang potensial dalam berbagai daerah pasar untuk dilayani
Menganalisa kemampuan organisasi untuk melayani permintaan
konsumen pada basis setelah penjualan.
Menggerakkan sumber-sumber organisasi untuk memuaskan
kebutuhan konsumen.
Menganalisis struktur harga yang sesuai dengan penerimaan
konsumen dan juga menyediakan pengoperasian bisnis yang aktif
dalam hal keuntungan dan penghargaan pada pemilik.
d. Memperhitungkan resiko.
Dalam memperhitungkan resiko, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan yaitu :
Menciptakan nilai untuk pelanggan
Pilih pasar dimana anda dapat melampaui yang lain
Hadirkan target yang terus bergerak pada para pesaing dengan
terus menerus meningkatkan posisi.
Mendayagunakan inovasi, kualitas,pengurangan biaya.
Ide-ide yang telah kita realisir akan menciptakan peluang bisnis
karena peluang bisnis itu sebenarnya ada di sekitar kita dan banyak
sekali macam bisnis yang bisa diraih. Namun, untuk menangkap peluang
bisnis, diperlukan keberanian, kejelian dan kreatifitas bisnis dan kita
harus betul-betul memahami kebutuhan masyarakat konsumen
Category:
Pengantar Bisnis
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar