Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Speaking and oral reporting


Persiapan untuk menulis surat, memo dan laporan sama dengan persiapan untuk mengadakan pertemuan bisnis. Komuniaksi tertulis dan lisan mempunyai perbedaan masing-masing. Bagian ini pertama-tama membahas tentang persamaan dan perbedaan dalam lisan dan tulisan, lalu persiapan untuk presentasi lisan dan akhirnya membahas presesentasi itu sendiri.

Persamaan dan perbedaan dalam presentasi lisan dan tertulis.

Ketika kita melaporkan sesuatau dalam bentuk tulisan, kita harus memperhatikan tujuan dan pembacanya. Persamaannya ialah sama-sama untuk keperluan bisnis. Dalam menyiapkan presentasi lisan maupun tulisan,  kita sama-sama perlu untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan mengatur materi dan bahan-bahan kita. Dalam keduanya kita perlu untuk menjelaskan kepada audiens tentang pembukaan, detail dari isi dan diskusi serta memberikan kesimpulan atau pentup.
Dalam beberapa hal, komuniaksi secara lisan lebih mudah dibandingkan secara tertulis. Pertama-tama kita perlu untuk mengekspresikan ide kita secara lisan, lebih lanjut lagi kita tidak perlu untuk memperdulikan tentang masalah teknis seperti pengejaan. Kita harus menggunakan ekspresi muka, tekanan pada suara, dan bahasa tubuh untuk memperjelas maksud kita. Terakhir kirta harus memperhatikan umpan balik dari audiens, apabila kita melihat ada alis yang naik, batuk, ekspresi kosong atau tanda-tanda lain yang menggambarkan ketidakpahaman atau kebosanan, kita dapat mengulang penjelasan atau menekankan ulang tentang maksud kita. Kita juga dapat menggunakan ilistrasi, contoh atau menanyakan langsung kepada audiens tentang pemahaman mereka.

Persiapan presentasi lisan

Dalam mempersiapkan presentasi lisan, kita membutuhkan langkah-langkah berikut ini. Langkah-langkah ini sama dengan prsiapan yang akan kita lakukan dalam menulis laopran secara tertulis, surat dan memo.
1.      Menetapkan tujuan
2.      Menganalisa audiens dan situasi
3.      Memilih ide untuk disertakan dalam pesan
4.      Mengumpulkan dan menginterpretasikan data
5.      Mengorganisasaikan data
6.      Menggunakan alat bantu visual.
7.      Melakukan persiapan atau gladi resik apabila diperlukan

0 komentar:

Posting Komentar