Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Pengertian / arti Software



Perangkat Lunak ( Software ) merupakan program – program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
Jenis Software berdasarkan fungsi
1.      Perangkat lunak system ( System Software )
2.      Perangkat lunak aplikasi ( Application Software )

1.      Perangkat Lunak Sistem ( System Software )
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas – tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pengguna komputer.
Jenis – jenis dasar perangkat lunak system.
a.       System Operasi ( Operating System )
Sistem Operasi ( Operating System ) merupakan software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing – masing dapat saling berkomunikasi. Contoh system operasi adalah DOS, UNIX, LINUX, WINDOWS, Mac OS dll.

Pengertian umum OS adalah mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ( system calls ) ke pengguna sehingga memudahkan dan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Contoh System Operasi :
1.      DOS ( Microsoft Disk Operating System )
Grafis kotak MS-DOS 6.22MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981 MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM. Sampai saat ini DOS telah meluncurkan DOS versi 7.0.






2.      Ms.Windows
Logo yang digunakan oleh Microsoft Windows dari 1992 hingga 2000Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer berbasiskan GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Sukses ini menjadikan pemiliknya, Bill Gates, menjadi orang terkaya di seluruh dunia mengalahkan kekayaan Sultan Brunei.
Berikut sejarah windows dalam garis waktu ( time line ) :

3.      Linux
Linux merupakan salah satu Sistem Operasi berbasis Open ImageSource yang berarti setiap orang mampu merubah system dari yang asli. Oleh karena itu linux memiliki banyak versi. Sejak lahirnya Linux, kernel sebuah sistem operasi bebas, ia telah berkembang dengan pesatnya dibangun oleh ribuan relawan programer sejagat. "Born to be Free" hadir sejak limabelas tahun lampau dengan ketentuan lisensi bebas.
b.      Perangkat Utilitas / Utility
Program Utility berfungsi membantu atau mengisi kekurangan / kelemahan system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tetapi PC Tools mampu member keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tetapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan misalnya Norton Utility, ScanDisk, PC Tools dll.
c.       Penerjemah Bahasa Komputer ( Language Translator )

2.      Perangkat Lunak Aplikasi ( Application Software )
Aplikasi software adalah program yang dirancang untuk membuat pengguna / User lebih produktif. Program ini khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu. Software aplikasi meliputi berbagai jenis program yang dapat dipisahkan kedalam kategori umum dan khusus. Program aplikasi umum contohnya Ms.Word, Ms.Excel, Spreadsheet. Sedangkan program aplikasi khusus contohnya MYOB, SPSS dll.

Jenis karakter Sofware :
Software memiliki berbagai jenis karakteristik, diantaranya adalah :
1.      Adware
Adware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.
Adware adalah salah satu jenis perangkat lunak yang bersifat "stealth" (tidak terlihat) dan seringnya terinstalasi ke dalam sistem ketika pengguna mengunduh perangkat lunak freeware atau shareware dari Internet. Ada banyak adware yang beredar di Internet, dan beberapa adware tersebut memantau kebiasaan pengguna dalam menjelajahi Internet, dan mengirimkan informasi ini kepada perusahaan marketing sehingga mereka mengirimkan iklan kepada pengguna yang bersangkutan. Beberapa perangkat lunak komersial juga mengandung komponen adware yang kadang disebutkan dalam End-User License Agreement (EULA) atau tidak. Contohnya adalah web browser Microsoft Internet Explorer 6.0 yang merangkul Alexa.com.
Kebanyakan program antivirus tidak didesain untuk mendeteksi keberadaan adware, karena tujuan awal dari adware adalah bukan untuk merusak sistem secara agresif (seperti halnya virus komputer, worm atau Trojan horse), tapi untuk mendukung pengembangan perangkat lunak freeware atau shareware yang berangkutan. Beberapa adware juga dapat diklasifikasikan sebagai Trojan oleh beberapa vendor Antivirus, karena selain memantau kebiasaan pengguna dalam berselancar di Internet, mereka juga dapat mencuri data pengguna. Contohnya adalah VX2 dan WNAD.EXE.
Untuk mendeteksi keberadaan adware (dan tentu saja untuk meningkatkan privasi), beberapa utilitas pun beredar di Internet, seperti halnya Ad-Aware dari Lavasoft atau Spybot Search and Destroy yang dapat mendeteksi serta membuang adware serta perangkat spyware lainnya. Selain utilitas yang dapat diunduh tersebut, ada juga beberapa situs web yang menyediakan layanan untuk mencari adware di dalam sistem , seperti halnya SypChecker.com dan Tom-Cat.com.
2.      Freeware
Freeware adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang freeware seringkali membuat freeware "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Kadang jika para programer memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk freeware, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada programer lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.
3.      Shareware
Shareware adalah Perangkat yang bisa didapatkan atau disebar dengan bebas. Software yang dapat diperoleh dengan gratis, tetapi anda hanya berhak untuk mengevaluasi software tersebut selama jangka waktu tertentu (coba dulu sebelum beli). Setelah melewati batas waktu tersebut, dan jika anda tertarik untuk terus menggunakan program tersebut, anda harus membayar ke pembuat program tersebut. Sebagian shareware tidak dapat digunakan setelah batas waktu dilewati, ada juga yang menurunkan kemampuan program tersebut, dan ada juga yang masih dapat digunakan walaupun melewati batasan waktu.
  1. Novell Netware
Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.
NetWare telah digantkan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007 adalah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar