Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN MANUSIA


A.    MANUSIA PERTAMA DI DUNIA

Manusia, yang dikenal sebagai Homo sapiens, adalah spesies yang hanya hidup dalam genus Homo primata bipedal di Hominidae, keluarga kera besar. Anatomi manusia modern berasal muncul di Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu, mencapai modernitas perilaku penuh sekitar 50.000 tahun yang lalu.
Perkembangan manusia pertama di bagi menjadi 3 zaman yaitu  :
                        a. Manusia Kera dari Afrika Selatan
                        b. Manusia Purba / Homo Erectus
                        c. Manusia Modern
MANUSIA KERA DARI AFRIKA SELATAN
  • Australopithecus Africanus
                -Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.
  •  Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
                -Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.
ZAMAN MANUSIA PURBA
  • . Sinanthropus Pekinensis
                -Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.
  • . Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa
                -Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 - 1941.
  • . Manusia Heidelberg
                -Manusia heidelberg ditemukan di Jerman
  •  Pithecanthropus Erectus
                -Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 - 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.
ZAMAN MANUSIA MODERN
  • . Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.
  • . Manusia Swanscombe - Berasal dari Inggris
  • . Manusia Neandertal - Ditemukan di lembah Neander
  • . Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon - Ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.
  • . Manusia Shanidar - Fosil dijumpai di Negara Irak
KEHIDUPAN SOSIAL-BUDAYA DI INDONESIA
1.  MASA BERBURU DAN MENGUMPULKAN MAKANAN
a. Kehidupan Sosial
Mereka telah berkelompok antara 10 – 15 orang · Selalu berpindah-pindah · Mengenal system pembagian tugas
b. Kehidupan ekonomi
Berburu · Bergantung pada alam
c. Kehidupan Budaya
Pendukung kehidupan pada masa ini adalah jenis manusia Pithecanthropus, Meganthropus dan Homo dengan kebudayaan Palaeolitik.
· Hasil kebudayaannya berupa : Kapak genggam / kapak perimbas, alat serpih dan alat tulang / tanduk.
d. Kepercayaan
Mereka telah mengenal penguburan mayat.
2.  Masa bercocok tanam
a. Kehidupan Sosial
Sudah menetap · Bergotongroyong · Mengangkat kepala suku
b. Kehidupan ekonomi
Bercocok tanam · Beternak · Perdagangan barter
c. Kehidupan Budaya
Pendukung kehidupan pada masa ini adalah jenis manusia Ras Mongoloid dan Austro melanesoid · Hasil kebudayaannya berupa : Beliung persegi (untuk upacara), Kapak Lonjong (untuk bercocok tanam), mata panah, gerabah dan perhiasan. Menhir, Dolmen, Sarkofagus, Kubur peti batu, Punden berundak, waruga dan Arca
d. Kepercayaan
Pemujaan terhadap roh-roh nenek moyang / leluhur yang ditandai dengan peninggalan kebudayaan Megalitik seperti : Menhir, Dolmen, Sarkofagus, Kubur peti batu, Punden berundak, waruga dan Arca.
3.  Masa teknologi / perundagian
a. Kehidupan Sosial
Mengenal pembagian kerja · Telah berhubungan dengan dunia luar
b. Kehidupan ekonomi
Berdagang barang-barang magis · Bertani
c. Kehidupan Budaya
Pendukung kehidupan pada masa ini adalah jenis manusia Proto dan Deutro Melayu. · Hasil kebudayaannya berupa : Nekara Perunggu, Bejana Perunggu, Ujung Tombak, Kapak Perunggu, Gelang-gelang / manik-manik perunggu dan Arca Perunggu d. Kepercayaan · Mereka telah mengenal penguburan mayat dengan membawa bekal · Kepercayaan terhadap roh-roh nenek moyang, Animisme, dinamisme dan Monoisme.
ASAL-USUL SUKU DI INDONESIA
Manusia di Indonesia yang tertua sudah ada kira-kira satu juta tahun yang lalu, waktu Dataran Sunda masih merupakan daratan, waktu Asia Tenggara bagian benua dan bagian kepulauan masih tersambung menjadi satu. Penduduk Dataran Sunda itu memiliki ciri fisik yang berbeda dari manusia sekarang ini, sisa-sisanya adalah beberapa fosil yang ditemukan di lembah Bengawan Solo.

            Fosil-fosil itu oleh para ahli disebut Pithecanthropus Erectus, fosil ini juga ditemukan di sebuah gua dekat Peking, dan beberapa Asia Timur.
Karena waktu bentuk fisiknya sudah berevolusi, sehingga menampakkan ciri-ciri yang berbeda. Sejumlah fosil yang telah mengalami evolusi ditemukan di desa Ngandong dan para ahli menyebutnya sebagai Homo Soloensis. Homo Soloensis itu dalam beberapa tahun kemudian mereka berevolusi menjadi manusia sekarang, tetapi dengan ciri-ciri ras yang menyerupai penduduk asli Australia. Sisa-sisa fosil dari perubahan Homo Soloensis di temukan di Wajak, para ahli menyebutnya Homo Wajakensis. Fosil itu juga banyak ditemukan di daerah Talgai, Darling Downs, Queensland,yang dipercaya sebagai nenek monyang penduduk asli Australia.
Bangsa yang  berimigrasi  ke Indonesia  berasal dari daratan Asia (Yunan Utara)  yang bergerak menuju ke Selatan sampai ke Kepulauan Indonesia.
Bangsa – bangsa tersebut sudah menduduki Kepulauan Indonesia sejak zaman prasejarah. Mereka adalah :
  • Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide ; ras Negroid. Memiliki ciri – ciri: kulit kehitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar, hidung mancung.
  • Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu; ras Malayan Mongoloid. Memiliki ciri: kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang.
  • Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu; ras Malayan Mongoloid. Memiliki ciri – ciri yang sama dengan bangsa Melayu Tua.

0 komentar:

Posting Komentar