Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

ANEKA MANFAAT DAN FUNGSI SI MANIS LEBAH MADU


I.     Asal Usul Lebah Madu
Lebah termasuk hewan yang masuk dalam kelas insekta famili Apini dan genus Apis. Spesiesnya bermacam-macam, yang banyak terdapat di Indonesia adalah A. cerana, A. Dorsata A. Florea. Jenis unggul yang sering dibudidayakan adalah jenis A. mellifera.

Menurut asal-usulnya lebah dibagi 4 jenis berdasar penyebarannya:
1.  Apis cerana, diduga berasal dari daratan Asia menyebar sampai Afghanistan, Cina maupun Jepang.
2.  Apis mellifera, banyak dijumpai di daratan Eropa, misalnya Prancis, Yunani dan Italia serta di daerah sekitar Mediterania.
3.  Apis Dorsata, memiliki ukuran tubuh paling besar dengan daerah penyebaran sub tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan sekitarnya. Penyebarannya di Indonesia merata mulai dari Sumatera sampai Irian.
4.  Apis Florea merupakan spesies terkecil tersebar mulai dari Timur Tengah, India sampai Indonesia. Di Indonesia orang menyebutnya dengan tawon klanceng.




Madu merupakan makanan yang sangat istimewa bahkan semua Kitab Suci dalam Al-Qur’an, Injil, Taurat, Weda dan Tripitaka menceritakan secara khusus tentang madu. Madu adalah salah satu yang dihasilkan lebah selain Propolis, Royal Jelly dan Bee Pollen. Keistimewaan madu sudah populer sejak zaman Mesir kuno sebagi obat, makanan, perawatan kecantikan, bumbu penyedap bahkan sebagia balsam Mumi.

“… Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” (An Nahl 68-69)



Madu Asli adalah madu yang langsung dipanen dari sarang lebah dan langsung kita konsumsi tanpa melalui pemanasan atau campuran bahan lain. Madu asli dikumpulkan oleh lebah dengan cara menghisap cairan nektar bunga dimasukan kedalam kantong madu didalam tubuhnya. Nektar bunga yang telah dihisap diolah dalam tubuh lebah dengan dicampur enzim tertentu kemudian dikeluarkan kembali ketempat penyimpanan madu di sarang lebah.
Selama ini, madu telah dikenal sebagai makanan yang penuh khasiat. Substansi yang dikandungnya telah lama dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar, menambah stamina, menaikkan gairah seksual, bahkan dapat mencegah kanker.
Bangsa Mesir kuno sudah memanfaatkan madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat benda tajam. Dalam penelitian ribuan tahun kemudian ditemukan sifat antiseptic ringan dan anti microbial dari madu. Karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri itulah, madu mampu mempercepat penyembuhan luka.


II.  Kandungan Dalam Madu
  1. Aneka senyawa karbohidrat seperti fruktosa (41%), glukosa (35%), sukrosa (1.9%) dan dekstrin (1.5%)
  2. Vitamin B1, B2, B3, B6, C dan E, sehingga madu kaya akan antioksidan
  3. Mineral Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Besi, Tembaga, Fosfor dan Sulfur. Kandungan mineral dalam madu mendekati kandungan yang terdapat dalam darah manusia. Magnesium dapat menghilangkan rasa kaku dalam otot sedangkan kalsium selain menguatkan tulang dan gigi juga mempunyai efek pereda stress.
  4. Senyawa anti bakteri seperti polifenol, flavonoid, dan glikosida.
  5. Enzim amylase (mencerna karbohidrat), diastase, invertase, protease (mencerna protein), lactase (mencerna laktosa susu), katalase, peroksidase, lipase (mencerna lemak) sehingga madu dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan tubuh.
  6. Madu Asli mengandung enzim aktif yang tidak dapat di produksi manusia. Enzim inilah unsur yang paling penting di dalam madu yang berfungsi sebagai kelangsungan rekasi kimia biologis dan sitem metabolisme di dalam tubuh. Enzim di dalam madu merupakan Enzim terbaik yang dapat kita peroleh dari semua makanan yang ada.
III.      Manfaat Madu Buat Kecantikan

Manfaat Madu digunakan untuk kecantikan sudah terbukti sejak zaman Cleopatra. begitu banyak manfaat madu baik untuk kesehatan maupun kecantikan.




Beberapa tips dibawah ini adalah bagaimana memanfaatkan madu untuk kecantikan.  Dan tentu ada sejumlah produk kecantikan yang dapat dibeli di toko-toko yang berbahan dasar MADU, bagi Anda yang tak mau ribet, Tapi jika Anda lebih senang mengambil manfaat madu murni untuk memoles kecantikan Anda
simak tips madu kecantikan, diantaranya :
1.  Manfaat Madu untuk Masker : Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2.  Manfaat madu Untuk Kulit Berkilau:
Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

3.  Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda

4.  Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

5.  Manfaat madu untuk Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6.  Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7.  Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.


8.  Manfaat Madu sebagai Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Jika Anda mau sedikit repot, dengan tips di atas dapat juga  menciptakan produk-produk bak spa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimana didalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tapi, sebelum Anda melakukan eksperimen, sebaiknya pastikan produk madu yang Anda beli 100% murni. Manfaat madu memang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan.


IV.        Manfaat Madu untuk Jerawat dan Wax

Selain untuk dikonsumsi madu dapat juga dipakai untuk obat jerawat adapun tipnya adalah :
    Beli madu
    Panaskan madu dengan microwave atau di kompor selama 5 – 10 detik
    Dinginkan dulu 3 – 5 menit

    Pakai kuas (atau kalo nggak punya kuas bisa pake cotton bud hehe) untuk mulai maskerin muka
    Mulai taruh madu di daerah yang berjerawat dulu kemudian lanjut ke seluruh muka
    Tiduran selama 15 – 30 menit






V.    Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu sudah umum dikenal orang. Ternyata madu tidak hanya nikmat untuk diminum, tetapi madu juga baik untuk kesehatan tubuh pengonsumsinya. Saat ini madu juga sudah mulai dilirik sebagai bahan obat. Sebenarnya madu merupakan cadangan pakan bergizi tinggi bagi anak lebah. Wajar kalau kemudian madu dimasukkan dalam kelompok bahan makanan bergizi oleh manusia. Menurut sumber kepustakaan, setiap 1000 gram madu bernilai 3280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5,575 liter susu atau 1,680 kg daging. Khasiat madu sangat berkaitan dengan kandungan gulanya yang sangat tinggi. Yaitu fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9% serta kandungan unsur lainnya seperti tepungsari dan berbagai enzim pencernakan, vitamin A, B1, B2, antibiotika dan lain-lain. Meskipin madu mempunyai rasa yang manis seperti gula, namun perlakuan tubuh terhadap madu berbeda dengan gula. Madu dapat diproses langsung menjadi glukogen, sedangkan gula harus diproses dulu oleh enzim pencernakan di usus. Dengan demikian tubuh manusia lebih cepat merasakan manfaat madu dibanding dengan gula pasir.
Adapun beberapa manfaat dari madu lainya diantaranya adalah :
1.  Kerontokan Rambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira2 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

2.  Infeksi Kandung Kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam2 kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman2 dalam kandung kemih

3.  Sakit Gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.



4. Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur Dalam 16 ons air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar Kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari2 meringankan gangguan kolesterol

5. Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam2 kuku dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus

6. Mandul
Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan Madu selama bertahun2 untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad2 lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

7. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai keakar2nya.

8. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut



9. Bau Napas
Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut dipagi hari

10. Sakit Kepala Sinus
Minum campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus

11. Kelelahan
Studi terakhir menunjukan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugikan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

12. Kanker
Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari

13. Kelebihan Berat Badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi

14. Influenza
Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu

15. Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai keakar2nya

16. Infeksi Kulit
Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit

17. Mencegah Penuaan
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti membuat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

18. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai akar2nya

19. Arthritis (radang sendi)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam2 kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam2 kuku dan bubuk kayu manis. Pijat kebagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Compenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ?sendokteh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit



20. Penyakit Jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. Rumah jompo di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.

21.Untuk terbakar
Oleskan dengan rata di atas bagian yang terbakar. Madu akan mendinginkan,menghilangkan rasa sakit dan membantu dengan cepat kesembuhan tanpa korengan. Selain berfungsi sebagai salep dan anti biotika, bakteri tidak dapat hidup dalam madu.

22. Ngompol
Satu sendok teh madu sebelum tidur membantu mengurangi ngompol pada anak.

23. Kurang Tidur
Satu sendok makan madu dimasukkan dalam satu cangkir susu panas akan membantu tidur dan bekerja baik.

24. Kerja keras
Madu sarat dengan berbagai vitamin, mineral, asam amino dan sebagainya. Ganti semua penggunaan gula pasir dengan madu. Gula pasir kurang mengandung zat gizi lainnya selain kalori.

25. Hidung tersumbat
Taruh satu sendok makan madu dalam suatu baskom yang berisi air panas dan hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda dengan handuk di atas baskom. Sangat efektif.



26. Luka atau Lecet
Tutup luka dengan madu dan perban. Penyembuhan yang sangat baik.

27. Untuk Kelelahan (Fatigue)
Larutkan satu sendok makan madu dalam air suam-suam kuku atau seperempat bagian madu berbanding satu bagian air dalam suatu tempat kemudian masukkan dalam kulkas. Madu terutama terdiri dari fruktosa dan glukosa dengan demikian akan diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan. (Madu adalah suatu penyetabil alamiah yang unik? Yunani Kuno). Para Atlet Yunani kuno menggunakan madu untuk stamina sebelum bertanding dan sebagai penyegar kembali setelah pertandingan.

28. Pembersih Muka
Campurkan madu dan oatmeal kira-kira sama perbandingannya, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jam kemudian cuci. Bagus sebagai

29. Gangguan Pencernaan
Campur madu dengan cuka jus apple kira-kira 50:50 dan larutkan dengan air. Ini akan membantu pencernaan. (Juga sangat baik untuk tulang-tulang persendian)

30. Penyubur Rambut
Campur madu sejumlah yang sama dengan minyak zaitun lalu olesi pada rambut serta kulit kepala dan tutup kepala dengan handuk hangat untuk setengah jam kemudian cuci bersih. Madu dapat memberi nutrisi bagi rambut dan kulit kepala.

31. Sakit (Radang) Tenggorokan
Tuangkan satu sendok teh madu dan taruh dibagian belakang mulut dan telan melalui tenggorokan. Madu sangat efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

32. Untuk Stress
Madu dalam air adalah suatu stabilisator? Dapat menenangkan pikiran yang tegang dan mendukung pikiran ketika sedang rileks. Gunakan kira-kira duapuluh lima persen madu dalam air.
33. Anemia (Kurang darah)
Madu adalah penambah darah yang meningkatkan kandungan sel-sel darah. Makin hitam madu makin banyak mengandung mineral.

34. Pengawet Makanan
Kue-kue dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula pasir akan lebih lama segarnya karena mengandung antibiotik alamiah. Kurangi cairan kira-kira seperlima untuk membiarkan kelembaban madu.

35. Demam Hay (Demam karena kepekaan terhadap rumput atau jerami)
Mengunyah bagian atas dari madu kental(bentuk padat) akan meningkatkansistem kekebalan yang disebabkan oleh sejumlah kecil tepung sari yang terkandung dalam madu. Selama sakit kunyahlah satu sendok teh dari bagian atas madu tadi selama 20 menit lima sampai enam kali sehari. Sangat efektif dan berguna juga bagi penderita asma.

36. Botol Bayi
Empat sendok teh madu masukkan ke dalam botol bayi yang berisi air, Hal ini adalah dot sekaligus penambah multivitamin yang sangat baik bagi bayi. Jika minuman bayi keluarnya terlalu encer kemudian kurangi dengan setengah sendok teh; jika terlalu kental tambah dengan setengah sendok teh.

37. Pertumbuhan gigi bayi
Madu yang dioleskan pada gusi bayi adalah obat penenang dan anestesia yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya.

38. Osteoporosis (Tulang kropos)
Penelitian di Inggeris menunjukan bahwa satu sendok teh madu tiap hari akan membantu penggunaan kalsium dan mencegah tulang kropos. Penting untuk usia 50 tahun ke atas.

39. Umur Panjang
Suatu fakta yang sudah umum di seluruh dunia adalah bahwa orang-orang yang paling panjang umurnya selalu mengkonsumsi madu secara teratur. Suatu fakta yang menarik lainnya adalah peternak lebah terhindar dari kanker dan penyempitan pembuluh darah daripada jenis pekerja lainnya di dunia.
40. Migraine (sakit kepala)
Gunakan satu sendok makan madu yang dilarutkan dalam setengah gelas air hangat. Hisaplah sedikit demi sedikit pada saat awal serangan migraine. Jika perlu ulangi tiap 20 menit sekali. Selalu efektif (sesuai dengan tip penyembuhan) untuk migraine yang berhubungan dengan stress.

41. Sakit Mata (Kotoran/belek putih pada mata)
Madu dilarutkan dalam sejumlah air hangat. Teteskan, bila sudah dingin, sebagai lotion atau tetes mata.

Adapun tips untuk anak yang terserang batuk adalah :
6 ons cairan madu
2 ons glycerin
2 buah jeruk lemon yang sudah dijus


VI.        Manfaat Madu Bagi Sistem Tubuh
Manfaat madu bagi sistem tubuh ada beberapa bagian yaitu diantaranya :
1.  Mudah dicerna
Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

2.  Rendah kalori
Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

3.  Berdifusi lebih cepat melalui darah
Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

4.  Membantu pembentukan darah
Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

5.  Membunuh bakteri
Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini.



VII.    Manfaat Madu Buat Anak
Bagi anak-anak, madu bisa bermanfaat banyak, contohnya untuk menghentikan pendarahan ringan, cukup dioleskan tipi-tipis pada luka.

Pelembab bibir yang kering, dioleskan pada bibir anak-anak saat mereka sedang bermain. Obat batuk alami, madu 1 sdm + perasan 1 buah jeruk nipis/lemon kecil, aduk rata dan minum 2 kali sehari. Mencegah ngompol pada balita, 1 sdt sehari 1 kali bisa membantu kebiasaan ngompol saat bobo.
Mencegah perut kembung, 1 sdm + ½ sdt kayu dicampur dan minum secara rutin, untuk mengeluarkan gas yang ada dalam perut. Madu juga dipercaya bisa untuk pertumbuhan gigi, oleskan pada gusi anak. Untuk radang tenggorokan, 1 sdm madu + perasan 1 buah jeruk nipis campur dan minum rutin 3 kali sehari.
Madu mudah didapatkan dimana-mana, harganya terjangkau, dan rasanya lezat. Tambahkan madu pada setiap kesempatan masakan dan minuman anda. Selalu sediakan madu dirumah, karena madu penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Simpan dalam lemari es atau kotak obat.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar