Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Pengertian Agama Islam




“Ad Dien ( agama ) adalah: “Keyakinan terhadap eksistensi ( wujud ) suatu zat-gaib yang mahatinggi, ia memiliki perasaan dan kehendak, ia memiliki wewenang untuk mengurus dan mengatur urusan yang berkenaan dengan nasib manusia. Keyakinan mengenai ihwalnya akan memotivasi manusia untuk memuja Zat itu dengan perasaan suka maupun takut dalam bentuk ketundukan dan pengagungan.”  ( Prof. Dr. Muhammad Abdullah Darraz  )
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut. Kata "agama" itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan. Adapun pendapat lain yang membahas tentang pengertian agama ialah:
Agama dalam bahasa Sansekerta memiliki pengertian :

·         Kata "agama" berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "tradisi".
·         Dalam bahasa Sansekerta artinya tidak bergerak (Arthut Mac Donnell).
·         Agama itu kata bahasa Sansekerta (yaitu bahasa agama Brahma pertama yang berkitab Veda) ialah peraturan menurut konsep Veda (Dr. Muhammad Ghalib).
Agama dalam bahasa Latin memiliki pengertian :
·         Agama itu hubungan antara manusia dengan manusia super (Servius)
·         Agama itu pengakuan dan pemuliaan kepada Tuhan (J. Kramers Jz)
Agama dalam bahasa Eropa memiliki pengertian :
·         Agama itu sesuatu yang tidak dapat dicapai hanya dengan tenaga akal dan pendidikan saja (Mc. Muller dan Herbert Spencer).
·         Agama itu kepercayaan kepada adanya kekuasan mengatur yang bersifat luar biasa, yang pencipta dan pengendali dunia, serta yang telah memberikan kodrat ruhani kepada manusia yang berkelanjutan sampai sesudah manusia mati (A.S. Hornby, E.V Gatenby dan Wakefield)
Agama dalam bahasa Indonesia memiliki pengertian :
·         Agama itu hubungan manusia Yang Maha Suci yang dinyatakan dalam bentuk suci pula dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu (Drs. Sidi Gazalba).
·         Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1997)
Agama dalam bahasa Arab,
·         Agama dalam bahasa arab ialah din, yang artinya :
      • taat
      • takut dan setia
      • paksaan
      • tekanan
      • penghambaan
      • perendahan diri
      • pemerintahan
      • kekuasaan
      • siasat
      • balasan
      • adat
      • pengalaman hidup
      • perhitungan amal
      • hujan yang tidak tetap turunnya
      • dll
·         Sinonim kata din dalam bahasa arab ialah milah. Bedanya, milah lebih memberikan titik berat pada ketetapan, aturan, hukum, tata tertib, atau doktrin dari din itu.
Islam di dalam Al-Qur’an adalah “Al-Dien”. Dien dalam bahasa Semit berarti undang-undang, atau hukum. Dalam bahasa Arab mengandung arti: tunduk, patuh, damai, aman, selamat dan sejahtera. Kata Al-dien sering diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai agama. Jadi ”Agama Islam” atau “Dien Al-Islam” adalah

“Agama yang mengajarkan dan membawa keselamatan, kepada Tuhan yang Maha Esa, dengan menjalankan undang-undang atau hukum Allah dan Rasulnya”

Sedangkan Al Islam berasal dari kata “salama”, yang artinya damai atau selamat. Dalam Al-Qur’an kata tersebut digunakan dengan beberapa perubahan atau tambahan.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar