Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

PENGARUH AJARAN MUHAMMAD ‘ABDUH DI INDONESIA



Pelopor pertama Syeikh Taher Jalaludin
Sudah menjadi tabiat cuaca di negeri kami, apabila sudah sangat panasnya
udara tengah malam yang gelap gulita, itu adalah alamat hujan lebat akan
turun.
Alhamdulillah! Turunlah hujan lebat itu. Sampailah ajaran Syeikh Muhammad
‘Abduh ke Indonesia. Pelopornya yang pertama ialah Syeikh Taher Jalaludin.
Beliau berasal dari daerah Minagkabau Sumatera dan keturunan dari
pahlawan-pahlawan Islam10 yang telah mempertahankan Islam seketika
penjajahan barat mulai masuk ke daerah itu. Lalu beliau pergi ke Makkah Al-
Mukarramah untuk mempelajari agama Islam lebih dalam. Setelah itu
dilanjutkannya pelajarannya ke Mesir pada Al-Azhar University pada
sekeliling tahun 1310 H (1892 M), yaitu seketika nama Syeikh Muhammad
‘Abduh sedang naik di Mesir dalam usaha-usaha perbaikannya yang terkenal
itu, setelah beliau dibolehkan pulang kembali dari pengasingannya di Beirut.
Belumlah sampai penyelidikan saya, apakah Syeikh Taher Jalaluddin yang
usianya pada waktu itu masih muda, masih sempatkah beliau berguru
berhalakah kepada Syeikh Muhammad ‘Abduh. Yang terang ialah bahwa
sejak majalah “Al-Manar” diterbitkan pada tahun 1315 H, sampai majalah itu
berhenti terbit, Syeikh Taher Jalaluddin bersama-sama dengan tuan Syeikh
Muhammad Al-Kalali, seorang keturunan Arab, menerbitkan majalah “Al-
Imam” di Singapura, yang isinya telah jelas mengambil haluan “Al-Manar”.

Dan sekali-kali telah disalin beberapa rencana yang telah ditulis oleh Sayid
10 Maksudnya keturunan Pejuang Paderi yang perkasa. Seluruh ‘ulama asal minangkabau-termasuk
Buya HAMKA- yang disebutkan dalam pidato beliau ini merupakan sisa generasi terakhir keluarga
paderi.
- 8 -
Jamaludin Al-Afghany dan Syeikh Muhammad ‘Abduh didalam majalah “Al-
Urwatul Wutsqa” kedalam bahasa Melayu dan dimuat dalam majalah itu.
Pada tahun 1908 terpaksa pimpinan majalah yang dicintainya itu
ditinggalkannya, karena Sultan negeri Perak memintanya dengan sungguhsungguh
supaya sudi menjabat pangkat Mufti dalam kerajaan Perak. Kawankawannya
menganjurkan agar beliau menerima jabatan yang mulia itu,
karena merasa besar harapan dapat melancarkan cita-cita perubahan dan
kemajuan yang sangat bergelora dalam hati beliau.
Maka beliau terimalah jabatan itu dan diserahkannyalah pimpinan majalah
“Al-Imam” kepada Sayid Muhammad bin Aqil, dan beliaupun berangkatlah ke
Perak. Seketika Sultan Perak, Sultan Idris Mursyidul A’zham Syah melawat
ke London untuk menghadiri King George V naik nobat11, adalah Syeikh
Taher Jalaluddin dalam kedudukan sebagai Mufti Kerajaan Perak, turut dalam
rombongan Sultan.
Tetapi jabatan yang tinggi itu tidaklah rupanya memuaskan hati beliau. Fatwafatwanya
sudah jauh lebih maju daripada fatwa yang biasa diterima dari mufti
yang sebelumnya. Sehingga walaupun Sultan menyokongnya, namun ‘ulama-
‘ulama Kerajaan yang lain tidaklah selalu senang menerima fatwa itu,
sehingga senantiasa tumbuh perselisihan.
Akhirnya jiwa yang bebas merdeka itu merasa bahwa jabatan Mufti hanyalah
mengurangi kebebasan belaka, sehingga beliau mohonkan kepada Sultan
agar beliau dibebaskan dari tugas. Terpaksalah Sultan mengabulkan dan
beliaupun berhentilah. Lalu beliau berangkat pada tahun 1911 ke negeri
Johordan disana beliau mengajar. Dan pada tahun itu pulalah ‘ulama-‘ulama
yang sefaham dengan beliau, atau murid-muris beliau waktu di Makkah
meneluarkan majalah Islam yang kedua buat Indonesia dan Tanah Melayu,
atau yang pertama di Sumatera. Yaitu Majalah “Al-Munir” terbit di Padang.
Selanjutnya pernah pula beliau menjadi Ketua Sidang Pengarang dari
majalah “Saudara” yang terbit di Pulau Pinang sampai tahun 1937. Oleh
sebab itu maka dalam catatan sejarah persurat-kabaran di Tanah Melayu,
Syeikh Taher disebut “Syekhnya kaum wartawan”.
11 tahta
- 9 -
Kaum Muda di Sumatera
Adapun ‘ulama-‘ulama yang menerima gerak baru di Sumatera itu, yang
paling terkemuka ialah 3 orang. Syeikh Muhammad Djamil Djambek (yang
tertua diantara mereka), Syeikh ‘Abdullah Ahmad dan Syeikh ‘Abdul Karim
Amrullah.
Syeikh ‘Abdullah Ahmad menetap di kota Padang dan beliau sendirilah yang
mengepalai penerbitan “Al-Munir”. Syeikh ‘Abdul Karim Amrullah menetap di
Padang Panjang dan Syeikh Muhammad Djamil Djambek di Bukittinggi.
Syeikh Djamil Djambek ahli falak dan beliaulah yang mula-mula menyatakan
pendapat bahwa memulai dan menutup puasa Ramadhan boleh dengan
memakai hisab dan beliau amat ahli memikat hati orang supaya kuat
beribadah dan membantah keras kepercayaan-kepercayaan yang salah
tentang tasawuf.
Syeikh ‘Abdul Karim Amrullah ahli dalam hal Fiqh dan Ushulnya, dan
menyatakan dengan terang-terangan dalam satu bukunya bahwa beliau
membantah faham yang menyatakan pintu ijtihad telah tertutup. Beliau
mendirikan sebuah madrasah di Padang Panjang, untuk membentuk kaderkader
yang kemudian menyampaikan fahamnya kepada umum.
Dan Syeikh ‘Abdullah Ahmad adalah seorang pengarang dan wartawan, yang
dengan penanya dapat menyiarkan fahamnya, bukan saja kepada orang
kampung, bahkan dalam kalangan orang-orang yang berpendidikan barat.
Diantara peminatnya waktu itu ialah seorang pemuda bernama Mohammad
Hatta! Sekarang seorang pemimpin besar Indonesia.
Didalam “Al-Munir” itulah Syeikh ‘Abdul Karim Amrullah menjawab segala
soal yang berkenaan dengan hukum-hukum agama dan menyatakan
fatwanya yang mulai kelihatan perbedaannya dengan faham-faham yang
biasa.
Adapun kegoncangan yang pertama timbul ialah setelah keluar buku “Al-
Fawaid Al-‘Aliyyah” yang dikhususkannya untuk menyatakan bahwa
melafalkan niat “ushalli” dipermulaan sembahyang itu tidaklah berasal
daripada Rasul, dan tidak diperbuat oleh sahabat-sahabatnya dan tidak pula
oleh Imam-Imam madzhab yang empat. Dikemukakannya pendapat ‘ulama-
- 10 -
‘ulama segala madzhab yang menguatkan pendapatnya itu, diantaranya ialah
perkataan Ibnul Qayyim didalam kitabnya Zaadul Ma’ad.
Kegoncangan kedua ialah setelah keluar pula kitabnya yang bernama “Iqazun
Niyam” yang menyatakan pula bid’ahnya berdiri ketika membaca Maulid Nabi
Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah itu keluar pulalah fatwanya menyerang
habis-habisan nikah “Muhallil”, padahal cara yang buruk itu masih banyak
dilakukan orang diwaktu itu dan didiamkan saja oleh ‘ulama-‘ulama, bahkan
dibolehkan, sebab ada ‘ulama mutaakhirin Syari’iyyah yang membolehkan.
Setelah itu mulailah dibatalkannya amalan kaum tasawuf, yaitu
merabithahkan hati dengan guru ketika mengerjakan suluk, dan
diberantasnya faham Wahdatul Wujud!
Meskipun masalah ini ditimbulkan diatas nama Syeikh ‘Abdul Karim Amrullah,
namun kedua temannya itu turut bersatu mempertahankan fatwa itu. Dan
‘ulama lain yang selama ini belum bersatu menyatakan faham, mulailah
menyatakan persetujuan.
Selain dari itu mulai pulalah mereka mengubah Khutbah Jum’at. Selama ini
khutbah Jum’at hanya dalam bahasa ‘Arab saja. Yang lebih dahulu tidak
faham adalah khatibnya sendiri sebelum orang yang mendengar. Mereka
mengeluarkan fatwa bahwa boleh khutah dalam bahasa yang difaham oleh
umat di tempat itu, dan kalau yang memakai bahasa ‘Arab juga cukuplah
rukun-rukunya saja, supaya ada faedah bagi khutbah itu yang bermaksud
memberi petunjuk dan ajaran kepada kaum Muslimin! Dihitung orang adalah
17 perkara banyaknya soal baru yang mereka timbulkan.
Niscaya timbullah reaksi daripada `Ulama yang bertahan pada yang lama.
Dan reaksi itu amat hebat. `Abdul Karim Amrullah dan kawan-kawannya
dituduh telah keluar dari Mazhab, bahkan telah talfiq dalam mazhab, sebab
memakai alasan dari kitab Zadul Ma`ad, karangan Ibnul Qayyim, yang bukan
seorang `Ulama Mazhab Syafi'i, tetapi bermazhab Hanbali dan banyak pula
fatwanya yang disalahkan oleh `Ulama dizamannya. Dan apabila telah talfiq
dalam mazhab, niscaya keluarlah dia dari Mazhab Ahli Sunnah Wal Jama'ah.
Untuk itu, mereka menerbitkan pula satu majalah bernama “Al-Mizan".
Mereka menamakan diri mereka “Kaum Tua" yang setia memegang Mazhab
- 11 -
dan menggelari 'Ulama Angkatan Baru itu “Kaum Muda" yang keluar dari
Mazhab.
Terjadilah pertukaran fikiran, kadang-kadang bagus dan indah dan kadangkadang
kasar dalam kedua majalah itu. Mungkin setengah daripada perkara
itu di zaman sekarang boleh dipandang kecil, tetapi bagi masa itu adalah soal
penting, karena itulah permulaan daripada pembahasan yang membuka
fikiran, tandanya pintu ijtihad telah mulai terbuka. Dahulu pedoman hanya
kitab “Tuhfah" dan “Nihayah", sekarang sudah naik kepada “Al-Uum" dan
terus kepada Al Quran.
Dalam hebatnya pertentangan-pertentangan itu tersiarlah buku-buku
karangan Sayid Zaini Dahlan dan Syekh Yusuf Nabhani. Kedua beliau itu
dalam karangan-karangannya mencela faham Ibnu Taimiyah dan Ibnul
Qayyim dan mencela Wahhabi, karena perkara tawassul. Dan Syekh Yusuf
Nabhani tidak lagi semata-mata mencela, tetapi memfitnah dan membusukbusukkan
Sayid Jamaluddin Al-Afghany dan Syekh Muhammad 'Abduh,
melepaskan seluruh sakit hatinya dengan kata-kata yang rendah, yang tidak
layak bagi seorang biasa, usahkan `Ulama. Sampai sekarang masih ada sisasisa
pengaruh fitnah buku Nabhani itu di tempat-tempat yang tersembunyi
yang tidak berani menentang cahaya Matahari Kebenaran12.
“Kaum Muda" itu dituduhlah keluar dari Mazhab, meniru kafir karena
membolehkan memakai pantalon dan membolehkan belajar agama dengan
memakai bangku dan papan-tulis. Tetapi semua celaan, tantangan dan
serangan itu tidaklah sedikit jua menjebabkan mereka mundur setapak juapun
daripada langkah mereka, bahkan menambah mereka lebih berani.
Sebagaimana saja katakan tadi, Syekh `Abdul Karim Amrullah mengajar di
Padang Panjang, maka banyaklah murid datang. Diantara murid itu ialah
Zainuddin Labay El-Yunusy yang telah menterjemahkan Riwayat Perjuangan
Mustafa Kamil kedalam bahasa Indonesia ditahun 1916. Dan beliau tidak pula
lupa memikirkan pendidikan bagi anak-anak perempuan, lalu beliau dirikan
pula Madrasah yang khusus buat mereka. Maka adalah Nyonya Rahmah El-
12 Banyak ‘ulama yang mengarang bantahan khusus terhadap fitnah Sayid Zaini Dahlan dan Syekh
Yusuf Nabhani ini. Diantaranya oleh Sayid Mahmud Syukri Al Alusi dalam kitab Ghayah Al Amani fi
Ar-Radd ‘ala An-Nabhani.
- 12 -
Yunusyah yang telah ziarah ke Mesir ini tahun yang lalu, murid yang utama
diantara mereka.
Dan Nyonya Rahmah sendiri kemudiannya meneruskan usaha itu, sehingga
sekolahnya itu dizaman sekarang menjadi satu teladan didikan bagi anak
perempuan dalam hal agama, sehingga menimbulkan niat pula bagi Syekh
Jami' Al-Azhar Dr Syekh `Abdur Rahman Taj hendak mendirikan sekolah
semacam itu sebagai bahagian dari Al-Azhar, sebab telah beliau lihat sendiri
seketika beliau melawat kesana13.
Satu contoh dari pada keberanian `Ulama itu ialah soal pakaian. Sudah
menjadi adat `Ulama memakai jubah dan sorban dan beliau-beliaupun
memakai jubah dan sorban. Tetapi beliau-beliau telah menyatakan fatwa
bahwa memakai pakaian secara Barat dengan capiau dan dasi tidaklah
haram, karena Islam tidaklah menentukan corak pakaian tertentu; serupa
benar dengan fatwa Syekh Muhammad 'Abduh yang terkenal dengan “Fatwa
Transval" itu.
Tetapi oleh karena 'Ulama Kaum Tua mengatakan bahwa berpakaian
demikian haram, maka Syekh 'Abdullah Achmad dan Syekh `Abdul Karim
Amrullah telah sengaja memakai pantalon, capiau dan dasi beberapa tahun
lamanya. Dan kemudian setelah hal itu tidak menjadi bincangan hangat lagi,
beliau-beliaupun kembali memakai jubah dan sorbannya. Dan Syekh
Muhammad Djamil Djambek sengaja membeli motorfiets dan menaikinya
sendiri, dan membeli mobil dan memegang setirnya sendiri, suatu hal yang
“ganjil" bagi `Ulama pada pandangan waktu itu.
Beliau memakai kendaraan itu buat pergi ke kampung-kampung memberi
ajaran dan fatwa kepada ummat.
`Ulama-‘ulama Tua itupun pernah meminta fatwa kepada 'Ulama' Makkah
buat menjatuhkan mereka itu dan buat mencap mereka sesat lagi
menyesatkan, karena 17 masalah yang mereka keluarkan itu. Fatwa itupun
datang, meskipun `Ulama-‘ulama Makkah itu hanya mendengar keterangan
dari sebelah pihak saja. Tetapi tidaklah ada bekasnya atas Ummat
13 Maka ditahun berikutnya Al-Azhar pun untuk pertama kalinya setelah 1000 tahun berdirinya
mendirikan sekolah untuk perempuan. Pengembangan sekolah ini dengan bantuan dari Ny. Rahmah El-
Yunusyah sehingga beliau digelari “Syaikhah” oleh Al-Azhar
- 13 -
Minangkabau, melainkan sangat sedikit, sebab pengaruh mereka atas
negerinya sudah lebih dari pada pengaruh 'Ulama Makkah yang jauh itu.
Orang tidak mau taqlid lagi.
Itulah usaha yang telah mereka kerjakan, sehingga Minangkabau khususnya
dan Sumatera umumnya telah mencapai perobahan baru dan cepat. Dan
sekarang telah menjadi salah satu markas Islam yang kuat.
Beberapa `Ulama Lain Yang Sefaham
Setelah ketiga `Ulama besar itu, Syekh Muhammad Djamil Djambek, Syekh
`Abdul Karim Amrullah dan Syekh 'Abdullah Ahmad menyatakan pendirian
yang tegas itu, menegaskan madzhab salaf, menjunjung fikiran Muhammad
'Abduh, mendapat tuduhan Wahhabi dan sebagainya dari pihak lawannya,
beberapa orang `Ulama yang lain di Sumatera Barat menjelaskan pendirian
yang berpihak kepada beliau-beliau. Patutlah dicatat nama Syekh
Muhammad Thaib Tanjung Sungayang, Syekh 'Abdullatif Rasyid dan
saudaranya Syekh Daud Rasyid Balingka, Syekh 'Abbas 'Abdullah dan
saudaranya Syekh Mustafa 'Abdullah Padang Japang, Syekh 'Abdurrasjid
Maninjau, Tuanku Laut Lintau, Syekh Ibrahim bin Musa Parabek. Yang satu
inilah yang sekarang masih hidup.
Beliau-beliau itu menerima murid-murid belajar pada pondoknya masingmasing.
Maka negeri-negeri Padang Panjang, Bukittinggi, Parabek, Padang
Japang, Tanjung Sungayang, penuhlah dengan murid-murid yang belajar
agama yang mulai memakai susunan cara baru. Seluruh madrasah itu pada
tahun 1918 digabungkan dalam satu organisasi bernama “Sumatera
Thawalib". Dalam madrasah itu sejak tahun 1918 itu mulailah dikaji orang
karangan-karangan Muhammad 'Abduh dan tafsirnya, buah tangan Sayid
Rasyid Ridha dan lain-lain, sehingga keluar dari sana angkatan muda Islam
mendapat semangat baru. Dan beberapa orang diantara mereka melanjutkan
belajar ke Al-Azhar dan Daru'l Ulum di Mesir. Diantaranya ialah Muchtar
Luthfi, Ilyas Ya'kub, Mahmud Yunus, dan lain-lain, yang setelah mereka
pulang kembali telah membawa semangat baru ke negeri kami. Bahkan
Muchtar Luthfi dan Ilyas Ya'kub pernah menerbitkan di Mesir dua majalah
- 14 -
berturut-turut, untuk menyebarkan cita-cita modernisasi di Indonesia. Pertama
bernama “Seruan Azhar" (Nadaiil Azhar), yang kedua bernama “Pilihan
Timur". Keduanya berhenti terbit karena pemerintah penjajahan tidak
memberi kesempatan tersiar luas.
Banyaklah diantara murid-murid `Ulama itu yang telah menjadi orang penting
di Indonesia sekarang. Diantaranya ialah Nyonya Rahmah El-Yunusiyah,
tetamu Mesir yang utama pada tahun yang lalu, dan beliaupun duduk dalam
Parlemen Indonesia. Syekh Ahmad Rasjid Sutan Manshur, Ketua Umum
Muhammadiyah dan Anggota Konstituante. Zainal Abidin Ahmad, Wakil Ketua
Parlemen Indonesia. 'Abdullah Aidid, Kuasa Usaha Indonesia dalam Kerajaan
Jordania. Muhammad Zain Hassan, Kuasa Usaha Indonesia di Suriah.
Manshur Daud, Duta Indonesia di Irak. Beberapa orang diantara mereka itu,
sehabis belajar pada `Ulama-‘ulama yang tercinta itu, meneruskan perjalanan
ke Mesir, ke sumber telaga fikiran Muhammad `Abduh. Ada yang mendapat
ijazah Al-Azhar dan ada yang di Darul Ulum dan ada yang meningkat ke
Universitas Mesir.
Oleh karena memandang amat penting kebangkitan faham baru di
Minangkabau itu, maka beberapa Orientalis Barat telah datang sendiri ke
sana buat mempelajarinya dari dekat. Diantaranya ialah Ds. Zwemmer,
zendeling Kristen yang ternama. Prof. Dr Schricke, Guru Besar di negeri
Belanda. Prof. K.K. Berg. Beliau ini telah menuliskan kesan beliau tentang
gerakan “Salaf" di Sumatera Barat itu dalam bukunya “Wither Islam" yang
disalin oleh Al-Ustadz Abu Raidah ke bahasa Arab ditahun 1934 dan diberi
nama Arab “Wijhatul Islam".
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar