Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Tutorial : Fax Melalui Komputer Menggunakan WinFax


Salah satu artikel yang saya buat untuk sekedar menjadi catatan pribadi namun ternyata berguna bagi banyak orang adalah "Instalasi dan konfigurasi WinFax untuk melakukan fax menggunakan komputer"

Artikel tersebut saya tulis pada bulan Desember 2004 dan sampai sekarang menjadi top hits download di blog saya. Artikel ini juga saya kirimkan ke IKC agar bisa lebih berguna bagi banyak pihak. Berkat artikel tersebut, saya banyak mendapat teman dari berbagai penjuru Indonesia, padahal itu hanya karena artikel yang tadinya saya anggap terlalu 'newbie' untuk diposting... Jangan anggap enteng pengaruh suatu artikel. Saya seringkali mendapat kemudahan jika keluar daerah (misalnya makan gratis :-D) dan bertemu dengan orang-orang yang pernah membaca artikel saya :-).

Saya posting ulang artikel mengenai WinFax sebagai preliminary karena saya sedang membuat panduan untuk melakukan Fax melalui Komputer menggunakan Hylafax. Jika WinFax berjalan pada komputer berbasis Windows, Hylafax berjalan pada sistem operasi Linux. Hal ini tentu bisa menjawab kebutuhan rekan-rekan yang sedang melakukan migrasi sistem dari Windows ke Linux.

Mengapa menggunakan software Fax untuk melakukan Fax melalui komputer ? Apa saja keuntungannya dibandingkan menggunakan mesin fax konvensional ?

Berikut adalah beberapa benefit penggunaan WinFax (maupun Hylafax) :
1. Kita bisa secara leluasa melakukan fax langsung dari komputer tanpa perlu menggunakan mesin fax yang relatif mahal.

2. Kita dapat melakukan Fax secara simultan. Kita dapat mengumpulkan dokumen yang akan difax dan kemudian melakukan fax secara sekaligus diwaktu mendapat diskon penggunaan telepon, misalnya dimalam hari. Aplikasi fax berbasis komputer biasanya dilengkapi fasilitas scheduling.

3. Kita tidak perlu melakukan Print-Out dokumen yang akan difax. Kita bisa melakukan print langsung ke software Fax dan software fax tersebut langsung mengirimkannya ke nomor fax yang dituju. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengurangi biaya kertas dan mendukung program paperless. Dengan fasilitas ini juga kita dapat mendukung program Hutan Lestari. Ingatlah, setiap beberapa kilogram kertas, satu pohon ditebang :-).

4. Ada fasilitas reporting dan retry secara otomatis. Kita tidak perlu menunggui mesin fax semalam suntuk hanya untuk berulangkali melakukan fax ke kantor atau tujuan yang selalu sibuk. Jika gagal mengirim fax pada kesempatan pertama, software fax akan secara otomatis mengulanginya. Proses perulangan bisa diset, misalnya 3 kali, 5 kali atau n kali.

5. Software fax dapat diotomatiskan (encapsulasi) melalui kolaborasi dengan aplikasi lain, misalnya bahasa pemrogramman maupun melalui script. Winfax misalnya, mendukung VBA (Visual Basic for Application). Hylafax justru lebih powerful. Karena dapat dijalankan hanya dengan sebaris perintah shell, kita bisa membuat aplikasi program yang dapat langsung menggunakan perintah Hylafax untuk otomatisasi fax. Baca artikel saya tentang encapsulasi perintah shell Linux menggunakan aplikasi Java.

6. Kita dapat mengirim fax menggunakan email. Dengan fasilitas ini, kita dapat menyisipkan attachment-attachment yang dapat diprint melalui fax.

7. Fax dapat dilakukan dari komputer didalam jaringan. Kita bisa menempatkan menggunakan Fax Server dan Fax Client. Fax Server terhubung dengan line telepon, sedangkan fax client hanya perlu terhubung secara intranet dengan Fax Server.

Tertarik menggunakan software Winfax ? Silakan klik disini untuk mendownload panduannya. Untuk rekan-rekan yang ingin menggunakan Hylafax, baca posting sejenis setelah posting blog ini atau baca langsung dari blog Migrasi Windows Linux.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar