Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Riset Operasi


DEFINISI RISET OPERASI
“Model kuantitatif atau matematik yang digunakan dalam pengambilan keputusan manajemen”
SEJARAH RISET OPERASI

Berawal dari perang dunia ke II, Thomas Edison menganalisa keefektifan perjalanan zig-zag untuk melindungi kapal dagang dari serangan kapal lain yang terlibat peperangan.

Selama perang dunia ke II, Operation Research benar-benar tidak dapat dipungkiri keefektifannya sebagai metode penyelesaian masalah.

Inggris adalah negara yang pertama kali membentuk secara formal kelompok organisasi
Operation Research. Di tahun 1939, G.A. Robert dan DR. E.C. William mengembangkan pertama kali sistem komunikasi untuk Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force). Di bawah H. Larnder mereka menjadi dasar untuk kegiatan Operation Research Inggris. Operational Research adalah istilah yang digunakan Inggris untuk Operation Research.
KOMPUTER DAN OR
Tanpa bantuan komputer, sangat mustahil bagi manajemen untuk dapat menyelesaikan masalah yang memiliki parameter cukup besar. Oleh karena itu, penggunaan komputer dalam aplikasi OR sangat membantu manajemen dalam meningkatkan efisiensi organisasi.

Salah satu program komputer yang saat ini banyak digunakan dalam aplikasi OR adalah “Quantitative System for Business” atau yang sering disebut dengan singkatan QSB.

0 komentar:

Posting Komentar