Knowledge Management (KM),
bisa kita artikan dengan manajemen pengetahuan. Manajemen ialah suatu cara
untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan
sumber daya untuk suatu tujuan. Sedangkan pengetahuan adalah data dan informasi
yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari
sumber yang kompeten. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, misalnya:
koran, majalah, email, e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan
manusia.
Jadi untuk pengertian manajemen
pengetahuan adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan
mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk
pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.
Menurut www.km-forum.org, KM adalah suatu disiplin ilmu yang digunakan
untuk meningkatkan performa seseorang atau organisasi, dengan cara mengatur dan
menyediakan sumber ilmu yang ada saat ini dan yang akan datang. Jadi KM
bukanlah suatu fenomena baru, tetapi merupakan suatu cara yang menerapkan
integrasi antara teknologi dengan sumber pengetahuan yang kompeten.
Mengatur suatu pengetahuan adalah
suatu kebiasaan atau habit. Ketika suatu proses, keadaan
dan aktivitas suatu bisnis para pelaku KM cenderung menggunakan suatu metode dalam
menganalisanya. Dalam proses analisa terdapat sesuatu yang dinamakan
siklus/aliran pengetahuan (knowledge flow).
0 komentar:
Posting Komentar