Mendengarkan Efektif
- Efektif vs mendengarkan tidak
efektif
- Jenis mendengarkan
- Bagaimana menjadi pendengar
yang efektif
Pengantar
- Menurut penelitian, dalam waktu
24 jam, orang dapat mengingat hanya sekitar seperempat dari apa yang
mereka dengar
SALAH!
- Mendengarkan mudah
- Mendengarkan muncul secara
alami
- Mendengar dan mendengarkan
adalah sama
Mendengarkan tidak efektif Kebiasaan
- Memutuskan sebelumnya bahwa
subjek tidak menarik
- Pendengar yang buruk belajar
apa bicara adalah tentang dan segera memutuskan bahwa subjek yang tidak
menarik bagi mereka. Daripada mendengarkan hink utamanya sesuatu yang
lain, menulis hal-hal berarti pada notepad dll mereka
- Berfokus pada pengiriman miskin
pembicara
- Pendengar yang buruk fokus pada
appereance atau pengiriman pembicara. Berpakaian tidak tepat speaker,
serta orang yang menyela pembicaraan mereka dengan "eh" atau
"er" mengalihkan perhatian pendengar tidak efektif
- Menjadi girang dan ingin
membuat titik sendiri
- pendengar Miskin ingin
menjalankan menjelang pembicaraan. Terutama jika itu adalah subjek
bahwa mereka memiliki pengetahuan, ras pikiran ke depan untuk merencanakan
kalimat mereka sendiri.
- Fokus hanya pada fakta-fakta
- Pendengar yang buruk hanya
mendengarkan fakta-fakta, tetapi kemudian ketika mereka mencoba untuk
mengingat mereka, mereka sering merindukan beton tetapi yang lebih penting
kurang konsep dan ide-ide di balik fakta-fakta.
- A kecenderungan untuk garis besar semuanya
- Pendengar yang buruk cenderung
garis besar kuliah atau pidato. Namun jika pembicaraan tidak
terorganisir dengan baik oleh pembicara, ketika kemudian ditinjau, catatan
ini sedikit memberikan wawasan apa yang dikatakan
- Berpura-pura memperhatikan
- Pendengar yang buruk sering
lelah, malas atau bosan. Mereka berpura-pura mendengarkan dalam sikap
penuh perhatian dan kemudian mental hanyut.
- Membiarkan gangguan mengganggu
- Gangguan bisa menjadi
kebisingan yang mengganggu kemampuan seseorang untuk mendengar, atau
visual dilakukan yang menarik perhatian seseorang menjauh dari
pendengar. Pendengar yang buruk mengambil peran yang sangat pasif dan
memungkinkan gangguan mengganggu proses mendengarkan
- Menghindari bahan yang sulit
- Pendengar yang buruk tidak
mencoba untuk mendengarkan materi yang tampaknya sulit bagi mereka
- Menanggapi emosional untuk
kata-kata tertentu atau frase
- Ada istilah tertentu, frase dan
kata-kata yang mempengaruhi orang dengan cara emosional yang membuat
beberapa individu memblokir sisa percakapan
- Melamun karena perbedaan antara
kecepatan suara dan kecepatan berpikir
- Orang-orang berbicara sekitar
150 kata per menit. Pendengar mampu memproses 500-700 kata per menit
pendengar. Miskin sering kali terlibat dalam daydrean dan lupa untuk
menyempurnakan kembali
Mendengarkan Efektif Kebiasaan
- Menerima tantangan untuk
mendapatkan sesuatu yang keluar senilai setiap situasi
- Pendengar yang baik dapat
menemukan topik membosankan, tetapi mereka menerima tantangan dan
memanfaatkan situasi dengan berfokus pada pembicara pesan, dan mencoba
untuk mendapatkan sesuatu dari perjumpaan
- Fokus pada apa yang dikatakan
bukan bagaimana yang dikatakan
- pendengar Efektif mengabaikan
miskin pengiriman pembicara atau laku menjengkelkan dan fokus pada apa
yang dikatakan
- Menunggu seluruh presentasi
sebelum memulai evaluasi
- pendengar efektif tidak
melompat ke kesimpulan tentang apa yang sedang dibicarakan, bukan menunggu
untuk presentasi untuk menyimpulkan sebelum memulai evaluasi secara
keseluruhan mereka
- Memfokuskan secara eksklusif
pada gagasan utama
- Pendengar yang baik mencari
ide-ide utama. Setelah ide-ide keseluruhan pembicaraan dipahami,
fakta-fakta dapat diingat sebagai komponen logis
- Membatasi notetaking mereka
- Pendengar yang baik duduk
kembali dan mendengarkan sebelum mengambil pensil.
- Mendengarkan secara aktif
- Mendengarkan memerlukan energi
dan perhatian. Para pendengar yang baik tidak hanya mendengar secara
efektif tetapi juga memperhatikan tanda-tanda nonverbal dari speaker
- Menghindari gangguan atau
setidaknya mengendalikan mereka
- pendengar Efektif mencoba
mengendalikan lingkungan mereka dengan menyaring gangguan.
- Mendengarkan materi yang
menantang
- Para pendengar yang baik
kadang-kadang berusaha keluar subjek sulit untuk menantang / nya
keterampilan mendengarkan
- Menyaring kata-kata yang sarat
emosi untuk menantang materi
- pendengar Efektif memeriksa
kata-kata dan frase yang memiliki efek emosional pada mereka, dan
menyadari masalah ini membantu mereka untuk mengatasi penghalang
mendengarkan
- Menghabiskan waktu tambahan
pada pikiran yang berhubungan dengan material yang sedang didengar
- pendengar yang efektif
menghabiskan pikiran ekstra mereka pada materi yang berhubungan dengan
berbicara untuk mengisi waktu tambahan antara kecepatan bicara dan
kecepatan berpikir.
Jenis Mendengarkan
- Menghargai
- Diskriminatif
- Komprehensif
- Kritis
- Aktif
Jenis Mendengarkan
- Appreciative: Bentuk individual
yang memperoleh kenikmatan mendengarkan melalui kata-kata atau pengalaman
orang lain, seperti mendengarkan musik favorit satu atau menonton tv ...
- Diskriminatif: Terjadi ketika
orang mencoba untuk membedakan satu suara dari segala sesuatu yang lain;
seperti berhenti bekerja untuk mendengar jika telepon berdering
- Komprehensif: Terjadi ketika
orang mendengarkan untuk memahami. Melibatkan berusaha keras untuk
mengingat apa yang dikatakan orang dan untuk menafsirkan makna setepat
mungkin.
- Kritis: Bantuan pendengar
menyaring apa yang dia telah mendengar dan membuat sebuah Keputusan yang
- Aktif: mendengarkan, empati
disebut melibatkan lebih dari sekedar memperhatikan atau mendengarkan
dengan hati-hati. Selain itu juga memerlukan dan mendukung perilaku
empatik yang menceritakan pembicara "Aku mengerti. Silakan pergi
pada "
Mendengarkan Mode Respon
- Mengarahkan / Judgemental
- Advising / Penyelesaian
- Interpreting
- Mendukung
- Menyoal
- Empati / aktif
Menanggapi Keterampilan
- Mengevaluasi
- Menilai / mengevaluasi - mengatakan apa yang
benar atau salah, baik atau buruk, melewati penghakiman
- Ex. "Itu bodoh!"
"Benar!"
- Advising / pemecahan - saran saham / menawarkan
solusi
- Ex. "Kalau aku jadi
kau aku akan ..." "Mengapa kamu tidak ..."
- Interpreting
- Menganalisis, menjelaskan atau
mengajarkan pengirim tentang penyebabnya
- Ex. "Dia mungkin
melakukan ini karena ..."
- Pendukung
- Yakinkan, menenangkan atau
kenyamanan
- Ex. "Jika ada cara
saya dapat membantu ..."
- Menyoal
- Probe, menjelaskan, bertanya
atau mencari info lebih lanjut
- Ex. "Apa yang
membuatmu berpikir begitu?" "Di mana kau?"
- Pertanyaan terbuka - membutuhkan lebih dari
atau tidak ada jawaban ya
- Pertanyaan tertutup - bisa dijawab dengan ya
atau tidak
- Parafrase
- Menyimpulkan, menyatakan
kembali atau mencerminkan
- Ulangan kata-kata Anda sendiri
apa yang Anda pikirkan pembicara dimaksud
- Ex. "Jadi apa yang
Anda katakan adalah ..." "Maksudmu kau merasa ..."
Menggunakan Styles Respon
- 80% dari umpan balik Anda akan
menggunakan 1 dari 5 gaya
- Mengevaluasi: Apakah tidak
membantu kecuali pengirim meminta nasihat
- Interpreting: Pekerjaan terbaik
saat niat Anda adalah untuk menawarkan wawasan ke dalam masalah itu
menyebabkan
- Pendukung: Pekerjaan terbaik
ketika pengirim telah menentukan masalah dan kebutuhan dorongan
- Bertanya: Ketika kebutuhan Anda
untuk informasi tambahan adalah asli
- Parafrase: ini mengungkapkan
keinginan untuk memahami pengirim pikiran dan perasaan
Sifat mendengar aktif
- Empati
- Penerimaan
- Kesesuaian
- Kekonkretan
Menjadi pendengar yang aktif
- Dengarkan total makna
- Menanggapi perasaan
- Catatan semua isyarat
- Luangkan waktu untuk
mendengarkan
- Jadilah penuh perhatian
- Mempekerjakan hanya tiga macam
reaksi verbal: mendorong suara seperti eh-eh, ulangan apa yang telah
dikatakan, dan keheningan dengan anggukan kepala
- Hindari probing untuk fakta
tambahan
- Selalu memberikan umpan balik
positif
0 komentar:
Posting Komentar