Manajemen Pemasaran:
Adalah analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
target pembeli untuk mencapai sasaran organisasi
Manajemen pemasaran termasuk menata olah permintaan, yang akhirnya termasuk menata
olah hubungan dengan pelanggan. Singkat kata manajemen pemasaran adalah manajemen
permintaan.
Macam-macam tingkat permintaan:
1. Permintaan negatif
Pasar dalam situasi permintaan negatif, bilasebagian besar pasar tidak suka akan produk
tertentu dan bahkan mau membayar, asal terhindar dari produk tersebut.
2. Tidak ada permintaan
Konsumen yang dituju mungkin tidak tertarik atau tidak mengacuhkan produk tersebut.
3. Permintaan latent
Banyak konsumen yang memiliki kebutuhan, namun belum bisa dipenuhi oleh produk
yang sudah ada.
4. Permintaan menurun
Setiap organisasi, cepat atau lambat akan mengalami permintaan menurun untuk satu
atau lebih produknya
5. Permintaan tidak teratur
Banyak organisasi yang permintaannya bervariasi, sehingga menyebabkan masalah kelebihan
atau kekurangan kapasitas.
6. Permintaan penuh
Organisasi menghadapi permintaan penuh, kalau konsumen puas dengan volume usahanya.
7. Permintaan berlebih
Beberapa organisasi menghadapi lebih banyak permintaan daripada yang mereka mau
dan mampu layani
8. Permintaan produk tidak bermanfaat
Produk yang tidak berfaedah akan mengundang usaha terorganisir untuk mengurangi
pemakaiannya.
Menata hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan:
Permintaan yang diterima sebuah perusahaan datang dari 2 kelompok, yaitu: pelanggan
baru dan pelanggan yang membeli lagi.
Menarik pelanggan baru merupakan tugas manajemen pemasaran yang penting, akan tetapi
fokus telah bergeser ke arah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membina hubungan
jangka panjang yang menguntungkan dengan mereka.
Filosofi manajemen pemasaran:
1. Konsep Produksi
Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau.
Dengan demikian manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi
dan efisiensi distribusi.
2. Konsep Produk
Gagasan bahwa konsumen akan meyukai produk yang mempunyai mutu terbaik, kinerja
terbaik dan sifat yang paling inovatif. Dengan demikian organisasi harus mencurahkan
energi untuk terus-menerus melakukan perbaikan produk
3. Konsep Penjualan
Gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah cukup,
kecuali organisasi melakukan usaha penjualan dan promosi berskala besar.
4. Konsep Pemasaran
Falsafah manajemen pemasaran yang berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi
tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian
kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efisien ketimbang pesaing.
Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
Titik Fokus Cara Tujuan Awal
Pabrik Produk Penjualan dan Laba melalui
Promosi volume penjualan
(Konsep penjualan)
Pasar Kebutuhan Pemasaran Laba melalui
Sasaran Pelanggan Terpadu kepuasan pelanggan
(Konsep pemasaran)
5. Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial
Gagasan bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan dan minat pasar sasaran
dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efisien ketimbang
pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan
konsumen dan masyarkat.
Tantangan Pemasaran dewasa ini;
Ø Pertumbuhan ekonomi nirlaba
Ø Globalisasi yang cepat
Ø Ekonomi dunia yang berubah
Ø Himbauan untuk lebih beretika dan bertanggung jawab sosial
Ø Wawasan pemasaran yang baru.
Category:
Manajemen Pemasaran
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar