Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

System Calls


          Komputer digunakan untuk melakukan suatu proses yang dikehendaki user. Oleh karena itu harus ada suatu bentuk komunikasi antara user dan hardware. Komunikasi itu terjadi dalam bentuk system calls. Sistem operasi  melalui shell-nya akan menangkap perintah dari user yang kemudian akan dikomunikasikan melalui system calls. Disinilah peran Sistem Operasi sebagai jembatan komunikasi antara user dan hardware itu terjadi.
            System calls itu sendiri umumnya ditulis dalam bahasa C dan C++. Mengenai shell, shell itu sendiri secara umum adalah layer yang berfungsi sebagai interface antara user dan inti dalam sistem operasi (kernel). Melalui shell, user dapat memberi

perintah-perintah yang akan dikirim ke sistem operasi, sehingga shell ini merupakan layer yang menerima interaksi dari user secara langsung. Shell dalam Sistem Operasi secara umum dibagi menjadi 2, Command Line (CLI) dan Graphical (GUI). Jadi dengan kata lain, system calls berperan sebagai interface dalam layanan-layanan yang disediakan oleh sistem operasi.

       Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut. Contoh di bawah adalah sytem calls di dalam program yang membaca data dari satu file lalu meng-copy-nya ke file lain.

    
            System call menyediakan interface antara program (program pengguna yang berjalan) dan bagian Sistem Operasi. System call menjadi jembatan antara proses dan sistem operasi. System call ditulis dalam bahasa assembly atau bahasa tingkat tinggi yang dapat mengendalikan mesin (C). Contoh: UNIX menyediakan system call: read, write => operasi I/O untuk berkas.
            Sering pengguna program harus memberikan data (parameter) ke OS yang akan dipanggil. Contoh pada UNIX: read (buffer, max_size, file_id). Tiga cara memberikan parameter dari program ke sistem operasi:
   Melalui registers (sumber daya di CPU).
  Menyimpan parameter pada data struktur (table) di memori, dan alamat table tsb ditunjuk oleh pointer yang disimpan di register.
  Push (store) melalui "stack" pada memori dan Sistem Operasi mengambilnya melalui pop pada stack tsb.

0 komentar:

Posting Komentar