Pengertian
Target
biaya atau target costing adalah metode penentuan biaya produksi dimana
perusahaan terlebih dahulu menentukan biaya produksi yang harus dikeluarkan
berdasarkan harga kompetitif, dengan demikian perusahaan memperoleh laba yang
diharapkan.
Target
biaya = harga jual – laba yang diharapkan.
Terdapat
dua alasan mengapa target costing sebaiknya digunakan perusahaan didalam
situasi pasar yang sangat kompetitif:
- Perusahaan tidak dapat menentukan dan mengendalikan harga jual produknya secara sepihak.
- Sebagian besar biaya produk ditentukan pada tahap design.
Siklus
biaya (The cost life cycle)
Siklus
biaya adalah urutan aktivitas biaya dalam perusahaan mulai dari riset dan
pengembangan, desain,
produksi, pemasaran distribusi dan pelayanan pada
pelanggan.
Riset dan pengembangan àDesain
(Target Costing) àProduksi
àPemasaran dan
Distribusi à
Pelayanan pada pelanggan
Siklus
Biaya lanjutan..
Untuk
menurunkan biaya sampai kepada tingkat yang dikehendaki tersebut, perusahaan
memiliki alternatif sebagai berikut:
- Mengintegrasikan teknologi pemanufakturan baru, menggunakan teknik-teknik manajemen biaya yang canggih
- Dengan melakukan desain ulang terhadap produk atau jasa, perusahaan dapat menurunkan biaya sampai tingkat target biaya yang diinginkan.
Pengimplementasian
target costing
Untuk
mengimplementasikan metode target biaya didalam perusahaan terdapat serangkaian
fase yang harus dilalui oleh perusahaan antara lain:
- Menentukan harga pasar
- Menetukan laba yang diharapkan
- Menghitung target biaya pada harga pasar dikurangi laba yang diharapkan
- Menggunakan rekayasa nilai untuk mengidentifikasi cara yang dapat digunakan untuk menurunkan biaya produk.
- Menggunakan kaizen costing dan pengendalian operasional untuk terus menurunkan biaya
Teori
Kendala
Kebalikan
dari target biaya yang berfokus pada tahap awal dari siklus biaya adalah teori
kendala (theory of constraint).
Teori
kendala adalah suatu upaya untuk memfokuskan perhatian manajer pada kendala
atauy pemborosan, yang memperlambat proses produksi.
0 komentar:
Posting Komentar