Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

TARGET COSTING


Pengertian
Target biaya atau target costing adalah metode penentuan biaya produksi dimana perusahaan terlebih dahulu menentukan biaya produksi yang harus dikeluarkan berdasarkan harga kompetitif, dengan demikian perusahaan memperoleh laba yang diharapkan.
Target biaya = harga jual – laba yang diharapkan.
Terdapat dua alasan mengapa target costing sebaiknya digunakan perusahaan didalam situasi pasar yang sangat kompetitif:
  1. Perusahaan tidak dapat menentukan dan mengendalikan harga jual produknya secara sepihak.
  2. Sebagian besar biaya produk ditentukan pada tahap design.
Siklus biaya (The cost life cycle)
Siklus biaya adalah urutan aktivitas biaya dalam perusahaan mulai dari riset dan pengembangan, desain,
produksi, pemasaran distribusi dan pelayanan pada pelanggan.
Riset dan pengembangan àDesain (Target Costing) àProduksi àPemasaran dan Distribusi à Pelayanan pada pelanggan
Siklus Biaya lanjutan..
Untuk menurunkan biaya sampai kepada tingkat yang dikehendaki tersebut, perusahaan memiliki alternatif sebagai berikut:
  1. Mengintegrasikan teknologi pemanufakturan baru, menggunakan teknik-teknik manajemen biaya yang canggih
  2. Dengan melakukan desain ulang terhadap produk atau jasa, perusahaan dapat menurunkan biaya sampai tingkat target biaya yang diinginkan.
Pengimplementasian target costing
Untuk mengimplementasikan metode target biaya didalam perusahaan terdapat serangkaian fase yang harus dilalui oleh perusahaan antara lain:
  1. Menentukan harga pasar
  2. Menetukan laba yang diharapkan
  3. Menghitung target biaya pada harga pasar dikurangi laba yang diharapkan
  4. Menggunakan rekayasa nilai untuk mengidentifikasi cara yang dapat digunakan untuk menurunkan biaya produk.
  5. Menggunakan kaizen costing dan pengendalian operasional untuk terus menurunkan biaya 
Teori Kendala
Kebalikan dari target biaya yang berfokus pada tahap awal dari siklus biaya adalah teori kendala (theory of constraint).
Teori kendala adalah suatu upaya untuk memfokuskan perhatian manajer pada kendala atauy pemborosan, yang memperlambat proses produksi.

0 komentar:

Posting Komentar