Kebijakan harga jual produk
Salah satu persoalan rumit yang
dihadapi oleh manajemen suatu perusahaan adalah menetapkan harga jual produk
perusahaan. Harga jual produk perusahaan
sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Penetapan harga jual produk
memerlukan berbagai pertimbangan yang terintegrasi. Mulai dari biaya produksi,
biaya operasional, target laba yang diinginkan perusahaan, daya beli
masyarakat, harga jual pesaing, kondisi perekonomian secara umum elastisitas
harga produk dan sebagainya.
Metode penetapan harga jual
Secara umum terdapat beberapa
metode yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk dengan
berbasis pada besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan, yaitu sebagai
berikut:
- Maksimalisasi laba
- Tingkat pengembalian atas modal yang digunakan
- Biaya konversi
- Marjin kontribusi, dan
- Biaya standar
Metode Maksimalisasi Laba
Dalam metode ini adalah
mengkombinasikan antara harga jual dan volume penjualan guna mencapai hasil
yang optimal terhadap laba perolehan.
Terkadang perusahaan menetapkan
terlebih dahulu besarnya tingkat pengembalian atas modal yang ditanamkannya
didalam bidang usaha, sebagai dasar untuk menetukan harga jual produk yang
dihasilkan perusahaan tersebut. Tingkat pengembalian yang diharapkan oleh para
penanam modal perusahaan mengharuskan perusahaan menggunakannya sebagai dasar untuk
menetapkan harga jual produk yang dimiliki perusahaan.
Harga = total biaya + (tingkat
pengembalian modal x modal)/volume penjualan
Metode biaya konversi
Jika perusahaan memproduksi lebih
dari satu produk dengan komposisi biaya yang berbeda satu dengan lainnya maka
perusahaan tersebut dapat mempertimbangkan
untuk membuat pilihan produksi yang paling menguntungkan bagi
perusahaan.
Metode marjin kontribusi
Marjin kontribusi adalah selisih
antara harga jual dengan biaya produksi variabel yang dikeluarkan untuk
menghasilkan produk tersebut.
Metode biaya standar
Jika perusahaan telah memiliki
biaya standar yang dijadikan tolak ukur dalam menentukan besarnya biaya
produksi maka penentuan harga jual dapat pula ditentukan berdasarkan biaya
standar yang dimiliki perusahaan.
Secara umum terdapat 4 jenis
perusahaan dilihat dari reaksi yang mereka lakukan terhadap penyimpangan biaya
standar, yaitu sebagai berikut:
Perusahaan
yang tidak merevisi standar yang telah ditetapkannya, walaupun terjadi
penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
Perusahaan
yang merevisi standar biaya yang telah ditetapkannya dalam batas tertentu, pada
saat terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
Perusahaan
yang merevisi standar yang telah ditetapkannya agar lebih sesuai dengan kondisi
aktual, pada saat terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
Perusahaan menggunakan harga
pasar, pada saat terjadi penyimpangan terhadap realisasi biaya produksi
Metode penetapan harga pasar
Adalah sebuah metode harga yang
ditetapkan didalam transaksi penjualan dan pembelian diantara berbagai unit
organisasi didalam kelompok perusahaan yang sama.
Secara umum, terdapat beberapa
metode yang dapat digunakan dalam menetapkan harga transfer, yaitu sebagai
berikut:
- Harga pasar,
- Biaya (cost),
- Biaya plus (cost-plus),
- Negosiasi, dan
Arbitrer (arbitrary)
0 komentar:
Posting Komentar