Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Penetapan harga jual produk dan harga transfer


Kebijakan harga jual produk
Salah satu persoalan rumit yang dihadapi oleh manajemen suatu perusahaan adalah menetapkan harga jual produk perusahaan.  Harga jual produk perusahaan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Penetapan harga jual produk memerlukan berbagai pertimbangan yang terintegrasi. Mulai dari biaya produksi, biaya operasional, target laba yang diinginkan perusahaan, daya beli masyarakat, harga jual pesaing, kondisi perekonomian secara umum elastisitas harga produk dan sebagainya.
Metode penetapan harga jual
Secara umum terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk dengan berbasis pada besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  1. Maksimalisasi laba
  2. Tingkat pengembalian atas modal yang digunakan
  3. Biaya konversi
  4. Marjin kontribusi, dan
  5. Biaya standar
Metode Maksimalisasi Laba
Dalam metode ini adalah mengkombinasikan antara harga jual dan volume penjualan guna mencapai hasil yang optimal terhadap laba perolehan.
Terkadang perusahaan menetapkan terlebih dahulu besarnya tingkat pengembalian atas modal yang ditanamkannya didalam bidang usaha, sebagai dasar untuk menetukan harga jual produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Tingkat pengembalian yang diharapkan oleh para penanam modal perusahaan mengharuskan perusahaan menggunakannya sebagai dasar untuk menetapkan harga jual produk yang dimiliki perusahaan.
Harga = total biaya + (tingkat pengembalian modal x modal)/volume penjualan
Metode biaya konversi
Jika perusahaan memproduksi lebih dari satu produk dengan komposisi biaya yang berbeda satu dengan lainnya maka perusahaan tersebut dapat mempertimbangkan  untuk membuat pilihan produksi yang paling menguntungkan bagi perusahaan.
Metode marjin kontribusi
Marjin kontribusi adalah selisih antara harga jual dengan biaya produksi variabel yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut.
Metode biaya standar
Jika perusahaan telah memiliki biaya standar yang dijadikan tolak ukur dalam menentukan besarnya biaya produksi maka penentuan harga jual dapat pula ditentukan berdasarkan biaya standar yang dimiliki perusahaan.
Secara umum terdapat 4 jenis perusahaan dilihat dari reaksi yang mereka lakukan terhadap penyimpangan biaya standar, yaitu sebagai berikut:
ž  Perusahaan yang tidak merevisi standar yang telah ditetapkannya, walaupun terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
ž  Perusahaan yang merevisi standar biaya yang telah ditetapkannya dalam batas tertentu, pada saat terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
ž  Perusahaan yang merevisi standar yang telah ditetapkannya agar lebih sesuai dengan kondisi aktual, pada saat terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
Perusahaan menggunakan harga pasar, pada saat terjadi penyimpangan terhadap realisasi biaya produksi
Metode penetapan harga pasar
Adalah sebuah metode harga yang ditetapkan didalam transaksi penjualan dan pembelian diantara berbagai unit organisasi didalam kelompok perusahaan yang sama.
Secara umum, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam menetapkan harga transfer, yaitu sebagai berikut:
  1. Harga pasar,
  2. Biaya (cost),
  3. Biaya plus (cost-plus),
  4. Negosiasi, dan
Arbitrer (arbitrary)

0 komentar:

Posting Komentar